Funnymombabyspa.com

Striae Gravidarum pada Ibu Hamil

Funnymombabyspa.com,

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang Cloasma Gravidarum..

nahh saat ini Funny SPA akan membahas tentang Striae Gravidarum.

Yukkkk di baca dan bisa menambahi bagi yang ada pendapat atau mungkin pernah megalami perubahan kulit yang akan Funny SPA bahas kali ini..

A. Striae gravidarum

Striae gravidarum merupakan tanda parut yang berupa guratan-guratan putih yang memanjang dengan pola yang tidak beraturan, Striae gravidarum ini terbentuk karena adanya peregangan pada kulit sedangkan jaringan elastisnya pada bagian bawah kulit robek akibat adanya peregangan tersebut

Kita ketahui bahwa kulit terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan yang teratas epidermis, lapisan tengah dermis, dan lapisan yang ketiga atau terdalam adalah subcutan. Munculnya striae gravidarum ini sangat berpengaruh dengan lapisan dermis, karena lapisan ini berfungsi untuk mendukung kulit, dan menjaganya agar tetap mulus. Lapisan ini, terdiri dari jaringan elastis yang membuat kulit mampu meregang sesuai kebutuhan tubuh. Tapi bila tubuh semakin membesar dalam tempo singkat, seperti saat hamil, serat ini akan melemah dan akhirnya pecah akibat kulit yang menipis. Karena itu, munculnya striae gravidarum ditandai dengan menyebarnya pembuluh darah melalui lapisan dermis ke lapisan kulit epidermis yang menipis.

B. Penyebab Striae Gravidarum

  • Erat hubungannya dengan factor keturunan (elastisitas kulit).
  • Timbul akibat perubahan hormon dan peregangan kulit.
  • Pengaruh sekresi hormon kortikosteroid.
  • Bukan karena digaruk

C. Cara Mencegah atau meminimalisir Striae Gravidarum

Cara terbaik yang bisa ibu hamil lakukan adalah dengan mencegah atau meminimalisir striae gravidium dengan kebiasaan sehari-hari, seperti:

  • Ibu hamil harus di biasakan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, hal ini dapat membantu kulit menjaga elastisitasnya sehingga dapat meminimalisir terjadinya striae gravidarum.
  • Konsumsi makanan yang sehat dan berserat seperti sayuran dan buah-buahan dapat membantu mencegah terjadinya striae gravidarum. Selain itu konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, E dan C.
  • Jangan menggaruk kulit yang gatal pada bagian yang timbul striae gravidarum. Karena akan menarik dan meregangkan kulit sehingga akan lebih membantu terjadinya striae gravidarum.
  • Gunakan emollient topical/ antipruritic jika ada indiaksinya



    Yukkk yang ada pendapat atau mau berbagi kisah bisa tulis pesan...

    We Touch With Love